Age of Mythology Story






1. Peperangan Para Titan
Seperti yang diketahui dari banyak sumber peperangan dimulai dengan Kronos sang Raja Titan yang menelan anaknya. Tapi semua berakhir dengan dikalahkannya Kronos oleh Zeus, Poseidon dan Hades.
Tapi kronos tidak bisa mati, jadi mereka bertiga mengurung ayahnya itu ke dalam Tartarus, dan menguncinya di alam bawah (Neraka).  Setelah kejadian itu mereka, ketiga dewa membagi kekuasaan dengan Zeus menguasai langit, Poseidon di laut dan Hades menguasa alam bawah.

2. The Pirates
Cerita utama dimulai dengan rencana sekelompok bajak laut yang menyerang kota atlantis untuk mencuri Trisula Poseidon, hal ini terdengar oleh Jendral besar Atlantis, Arkantos. Saat penjarahan bajak laut di atlantis arkantos turun menghadapi mereka dengan jumlah prajurit yang sedikit, ketika tahu bahwa kekuatannya tak mampu menahan serangan itu, ia meminta salah satu anak buahnya untuk memanggil bantuan dari para centaur ( Manusia setengah Kuda). Pertarungan bertempuar sengit, pihak bajak laut ternyata memiliki pasukan berbahaya dari berbagai Mythologi, seperti Anubis, Minotaur dan Scorpion man. yang terparah dari semua itu ternyata bajak laut itu juga punya kraken, pertarungan berlangsung cukup lama dengan hancurnya dok dan kapal-kapal atlantis.
Hingga bantuan dari centaur datang dan berhasil mengusir semua bajak laut itu, tapi Trisula poseidon telah berhasil di curi, kesal dengan kegagalannya. Arkantos berniat pergi untuk mengejar bajak laut itu. Ia menyerahkan kota untuk diatur oleh Krios, tetua atlantis dan juga menitipkan anaknya kastor agar dijaga dari bahaya kalau kalau ada serangan lagi.

3. Troy vs Sparta
Setelah beberapa hari berlayar ternyata arkantos kehilangan arah kemana para bajak laut itu, ia malah bertemu dengan teman lamanya, Agamemnon yang sedang berperang melawan kerajaan Troy untuk memperebutkan Helen ( lihat film Troy untuk jelasnya). Peperangan berlangsung dengan kemenangan di troy dengan kuda raksasa dari kayu tipuannya. Setelah perang selesai dan helen berhasil kembali, Arkantos akan kembali melanjutkan pencariaanya, tapi teman lamanya Ajax ternyata ingin ikut membantu pencariaanya karena ia bosan terus berada di pasukan perang. Akhirnya mereka berdua pergi kembali berlayar.

4. Missing Land
Arkantos dan Ajax meneruskan pelayaran mereka mencari tombak poseidon, tapi naas kapal mereka karam dan terdampar dipulau yang tak mereka ketahui. Setiba disana mereka melihat seorang kakek yang dikejar oleh dua orang bandit, spontan arkantos menolong kakek itu tapi para bandit berhasil kabur. Si kakek menceritakan bahwa ini adalah negeri centaur, dan sedang dijajah oleh para bajak laut (karena sebelumnya membantu atlantis) si kakek menjelaskan jika ia ingin menangkap para bandit maka ia harus kerja sama dengan para centaur, pertama-tama dengan membebaskan pimpinan centaur, Chiron.
Mereka langsung pergi ke tempat para centaur di tahan, di tengah jalan mereka bertemu dengan sosok ular bersayap yang menyemburkan racun, di mythologi mereka (greek) tidak dijelaskan bahwa ada mahluk seperti itu sehingga membuat mereka bertanya tanya mahluk apa itu. Ternyata benar mereka menemukan banyak bandit yang sedang menjarah kota, mereka berdua sembunyi-sembunyi dan berhasil menemukan dan membebaskan para centaur.
 Chiron sangat berterima kasih, dan jika ia mampu mengusir dan membebaskan kota nya dari para bandit maka ia berjanji akan mengikuti arkantos. Setelah membebaskan semua centaur yang terkurung arkantos,chiron dkk membuat serangan dadakan yang membuat para bandit kocar kacir. Kota pun berhasil diselamatkan, mereka berhasil mengintrogasi seorang bandit dan memberitahunya perkemahan para bandit.

5. Ambush
Arkantos, Chiron & Ajak pergi ke tempat itu, mereka pertama-tama membebaskan sebuah perkampungan yang telah dijarah juga, disana mereka berencana akan membangun pasukan dan menyerang secara diam-diam. Disana ternyata para penduduk pemuja Poseidon, jadi dengan mudah arkantos bisa merekrut prajurit dan myht unit disana. Ketika semuanya sudah siap arkantos dkk membuat sergapan ke marka para bandit, perang terjadi disana dengan kemenangan di pihak arkantos, ternyata Trisula poseidon benar ada disana tapi dijaga ketat oleh ketua bandit, seorang Minotaur raksasa  bernama Kamos . Pertarungan sengit terjadi dengan Kamos yang terjun ke laut dengan menunggangi Leviathan salah tau mahluk yang tidak ada di mythologinya. Arkantos merasa kecewa karena tidak berhasil menangkapnya dan ia ingin tahu semua mahluk aneh itu dan dia mengirim kembali Trisula ke atlantis, lalu melanjutkan pengejaran Kamos.

6. King of Bandit The Cyclop
 Pengejaran berhenti di dekat sebuah desa yang ditinggalkan, ternyata eh ternyata sedang dilakukan penggalian besar besaran di desa itu. Arkantos awalnya tidak yakin apa itu, tapi chiron menemukan bukti bahwa mereka sedang merencanakan menggali ke dasar tanah untuk pergi ke neraka, mereka bertiga tidak yakin dapat menghentikan pasukan bandit itu bertiga saja, jadi merekapun pergi untuk meminta bantuan kepada penduduk lokal dan mengetahui apa yang sedang terjadi. Tim dipecah menjadi 3, ajax pergi ke timur arkantos ke barat, dan chiron memata matai. setelah berhasil membangun prajurit, mereka bertiga kembali dan merencanakan serangan besar besaran, chiron mendapat bukti bahwa para bandi sedang membuat terowongan untuk pergi ke neraka. Tak lama, mereka menggempur pasukan bandit di penggalian itu, tapi sebelum sempat menghancurkan terowongan itu, muncul cyclop besar dan mengerikan yang menyebut dirinya sendiri Gargarensis, ketua bandit. Ia berhasil mengalahkan arkantos tim dengan mudah, dan langsung menuju ke terowongan bawah tanah, tak lama arkantos dan tim ikut masuk, tapi terowongan telah tertutup karena mantra gargarensis dan mereka bertiga pun harus menghentikan cyclops jahat ini dari rencana apapun yang ia lakukan.

7. The Gate